Pengukur aliran ultrasonik adalah pengukur aliran yang pengukurannya didasarkan pada kecepatan fluida, baik cair maupun gas, dengan menggunakan prinsip ultrasonik.

Pengukur aliran ultrasonik (UFM) adalah pengukur tipe inferensial (mengukur secara tidak langsung) yang menentukan laju aliran. Sistem pembacaan mengukur waktu transit pulsa suara frekuensi tinggi yang melewati tabung aliran.

Pengukur aliran waktu transit ultrasonik menggunakan transduser akustik yang dapat mengirim dan menerima pulsa suara frekuensi tinggi. Transduser akustik ditempatkan di kedua sisi tabung sehingga pulsa akustik bergerak secara diagonal melalui tabung.

Pengukur aliran ultrasonik cukup banyak digunakan, yaitu untuk cairan dan gas. Pengukur aliran ultrasonik untuk cairan memiliki cakupan aplikasi yang luas, dimana dapat digunakan pada baja karbon, baja tahan karat, PVC bahkan pipa yang dilapisi lapisan seperti aspal, semen atau lainnya.

Demikian pula, pengukur aliran ultrasonik ini digunakan pada suhu tinggi suhu. dan tekanannya tinggi, sehingga cenderung lebih stabil.

 Sebaliknya, bila menggunakan bahan cair yang dapat bersifat korosif karena terlalu asam atau basa, atau untuk cairan berkualitas rendah karena mengandung serat produksi yang kotor (seperti pada industri tekstil atau pulp) atau mengandung banyak padatan, ia mengatakan, flowmeter ultrasonik cocok untuk akurasi, sesuai dan ketahanan atau masa pakai Ultrasonic cukup lama karena tidak ada bahan yang bersentuhan langsung dengan cairan, terutama pada Flow Meter Air ultrasonik tipe klip.

\ n\ nAda tiga jenis pengukur aliran ultrasonik berdasarkan metode instalasi air baku PDAM:

1. Flowmeter Ultrasonik Inline

Sampai saat ini flowmeter ultrasonik yang banyak digunakan di dunia industri kebanyakan menggunakan flowmeter jenis ini, yang cara pemasangannya menggunakan sistem klem yaitu pemasangan yang tidak memerlukan pemotongan pipa atau pelubangan pipa.

 Itu sebabnya sebagian besar insinyur berpikir bahwa ketika mereka memperkenalkan pengukur aliran ultrasonik, mereka selalu mengacu pada braket pengukur aliran.

 Padahal flow meter ultrasonik ini merupakan satu-satunya flow meter yang memiliki ciri tidak harus dipasang dengan menghentikan aliran di dalam pipa terlalu lama dan terdeteksi tanpa perlu menutup katup atau pompa.

Meskipun ada juga flow meter ultrasonik yang menggunakan sistem tetap, maka harus dipasang. Matikan pompa atau tutup katup dan potong pipa.

 Jenis pengukur aliran ultrasonik yang mengharuskan Anda memotong pipa dan dilanjutkan dengan flensa atau ulir untuk memasangnya disebut Pengukur Aliran Ultrasonik InLine seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Pengukur Aliran Ultrasonik Inline

Klik untuk informasi produk lebih lanjut

2 . Menyiapkan pengukur aliran ultrasonik

3. Select Ultrasonic Flowmeter

Ultrasonic flowmeter adalah jenis flowmeter yang mengukur laju aliran suatu cairan menggunakan ultrasound sehingga pemancar ultrasonik dapat membaca laju alirannya.

Dengan menggunakan sensor ultrasonik atau sensor ultrasonik, Anda dapat mengukur rata-rata aliran . laju cairan dalam pipa dengan mengukur perbedaan waktu rata-rata antara waktu transmisi sinyal dan waktu penerimaan sinyal. dan arah aliran.

\ nMetode pemasangan dan pengoperasian pengukur aliran tekan ultrasonik hampir sama dengan pengukur aliran ultrasonik portabel.

 meter Bedanya, flow meter ini menggunakan daya tetap dan flow meter ini biasanya digunakan untuk pengoperasian yang lama. Digunakan untuk monitoring dan pembacaan serta dapat mencatat hasil pembacaan aliran di dalam tabung.

Biasanya pengukur aliran ultrasonik memiliki keluaran analog 4-20mA, alarm, relai, pulsa atau koneksi RS232 atau RS485 di dalam braket. Sementara itu, ada wall-mount, panel-mount atau pipe-mount untuk transduser aliran atau komputer aliran ultrasonik. Sementara itu, ada pula yang menggunakan AC 220 VAc atau 24 V DC sebagai sumber listrik

Braket Pengukur Aliran Ultrasonik

Klik untuk mempelajari lebih lanjut tentang Pengukur Aliran Ultrasonik.

Pengukur Aliran Saluran Terbuka

Pengukur Aliran Saluran Terbuka adalah pengukur aliran yang digunakan untuk aliran pada sistem saluran terbuka seperti seperti pipa, sungai, atau parit.

Pada dasarnya, pengukur aliran saluran terbuka ini menghitung laju aliran dengan mempertimbangkan ketinggian permukaan. Anda dapat menggunakan pengukur aliran waktu transit atau pengukur aliran magnetik untuk mengukur arus. Sementara itu, gunakan sensor level ultrasonik untuk menentukan ketinggian permukaan aliran

Menggabungkan laju aliran dengan luas penampang dapat memberikan kapasitas aliran atau laju aliran saluran.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Buka, silakan . lihat Produk Flowmeter Saluran Terbuka, klik Produk Flowmeter Saluran Terbuka

\ n

Pengukur Aliran Ultrasonik Saluran Terbuka

Harga Flowmeter

Ada banyak sekali model dan tipe flowmeter dan untuk informasi awal yang bisa dijadikan acuan dalam penganggaran, anda dapat melihat harga flow meter di bawah dan ingat bahwa ini hanya untuk referensi dan bukan harga sebenarnya..

By admin